Sabtu, 25 Desember 2010

STUDI BANDING ATAU MENGUNGSI ???

Ditengah gencar-gencarnya protes rakyat terhadap anggota DPR yang kinerjanya kurang memuaskan dan juga banyaknya bencana alam yang terjadi di negara kita ini ,seperti tsunami mentawai dan meletusnya gunung merapi, sebagian anggota DPR malah melenggang keluar negeri yang katanya pergi untuk kepentingan studi banding.

Memang studi banding ke daerah yang mempunyai kelebihan-kelebihan bagus dilakukan, tetapi apakah efektif, efisien dan tidak menghambur-hamburkan uang dan akan berakibat rakyat akan marah terhadap tindakan anggota DPR tersebut yang melakukan studi banding ke luar negeri. Seperti pada bulan Oktober lalu mereka pergi studi banding ke negara Yunani yang negara tersebut juga hampir sama seperti negara kita yang sudah lama terjangkiti budaya korupsi, hingga tak dapat bangkit sebagai bangsa yang patut di contoh. Kecuali jika anggota DPR ingin membandingkan teknik korupsi dan manipulasi rencana pembuatan anggaran belanja di Indonesia dan di Yunani.

Itu baru Klop! Kedua negara sama-sama rapuh dalam hal etika politik. Oleh karena itu tindakan yang dilakukan anggota DPR menimbulkan tanda tanya besar dan menimbulkan kecurigaan. Apakah para anggota DPR tersebut yang pergi benar-benar melakukan studi banding atau hanya sekedar jalan-jalan untuk menghabiskan uang negara atau bahkan untuk mengungsi sementara (seperti yang dilakukan warga di sekitar merapi) karena tidak bisa mengerjakan tugasnya untuk mensejahterakan rakyat dan bertugas benar-benar sebagai wakil rakyat.Dan juga selama ini anggota DPR yang sudah melakukan studi banding menurut saya belum terlihat hasilnya. Bukankah seharusnya setelah selesai studi banding bisa mempunya ide-ide bagus yang bisa di gunakan untuk membuat bangsa kita menjadi lebih baik. Tetapi kenyataannya tidak ada yang berbekas ,laporan hasil studi banding saja tidak ada padahal kalau anak SMA saja setiap melakukan studi banding pasti harus membuat laporan hasil dari studi banding tersebut. Lantas untuk apa anggota DPR melakukan studi banding ke luar negeri. Hanya akan membuang anggaran negara dan juga membuat masyarakat marah tersasuk saya juga marah terhadap tindakan para anggota DPR tersebut.Jika hanya urusan seperti di atas itu yang ingin dipelajari, mengapa harus pergi ke Yunani hanya akan memboroskan uang negara. Buka saja internet dan tanya Mbah Google, semua jawaban akan keluar dalam hitungan detik hampir tanpa ongkos. Dan bisa juga cukup pergi ke masyarakat yang berada di pedesaan yang masih menjunjung tinggi sopan santun serta bertoleransi hidup bergotong royong. Yang semua itulah sebenarnya yang harus ditiru oleh para elite politik untuk membawa Indonesia menjadi lebh baik. Dan yang terutama bisa mengubah persepsi masyarakat terhadap anggota DPR yang telah kehilangan kepekaan terhadap tugas mereka di senayan. Dan tujuan bangsa kita akan cepat terwujud.
Indonesia Bisa!!!

indiahono.blog.unsoed.ac.id
www.unsoed.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar